Selasa, 28 Februari 2012

kanker kelenjar getah bening



Yang Harus Kita Ketahui Tentang Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker Kelenjar Getah Bening
Mungkin kita semua pernah mendengar tentang gejala kanker getah bening ini, tapi, apa sih pengertian dari kanker ini?? Dan apa gejala kanker kelenjar getah bening tsb??. Well, kalau untuk pengertian kanker ini adalah sejenis kanker yang terjadi pada system limfatik yang tumbuh akibat mutasi/ terjadinya perubahan sel limfosit ( sejenis sel darah putih ) yang tadinya normal menjadi tidak normal dan ganas.

Pada limfosit ganas juga dapat tumbuh pada berbagai macam organ pada tubuh termasuk, limpa, sum-sum tulang, kelenjar getah bening, darah, serta pada organ lainnya. terus apa sih system  limfatik itu?? Limfatik adalah bagian dari system kekebalan tubuh yang mengalir ke seluruh tubuh dan mempunyai fungsi untuk melawan jamur, bakteri, dan virus yang dapat mengakibatkan timbulnya  infeksi dalam tubuh kita.

Apa gejala kanker kelenjar getah bening itu?? 

Pembaca, kanker ini memang ada gejalanya, berikut gejalanya :


  • Adanya benjolan yang terdapat di ketiak, leher, dan pangkal paha, namun gejala tersebut  bukanlah spesifik  menunjuk kepada Lymphoma. Ada beberapa hal yang menyebabkan benjolan tersebut
  • Demam, jika anda mengalami demam yang berkepanjangan, segera periksalah ke dokter, karena demam yang berkepanjangan bisa merupakan tanda terkena kanker getah bening, walaupun, demam biasanya terjadi karena infeksi pada tubuh. Tapi, sangat disarankan bila anda demam untuk periksa ke dokter
  • Banyak Berkeringat pada malam hari,, berkeringat dalam melakukan kegiatan mungkin adalah hal yang biasa, tetapi jika banyak berkeringat pada malam hari harus diwaspadai, biasanya mereka yang berkeringat tidak normal ini akan terbangun dengan basah kuyup walaupun mereka tidak tidur dalam ruangan yang panas atau mimpi buruk, segerlah periksa ke dokter
  • Rasa letih dan kehilangan nafsu makan,,  gejala seperti ini  biasanya hal yang dialami oleh penderita lymphoma. Kenapa bisa begitu, karena sel kanker tumbuh berkembang dan menghisap gizi dari makanan yang anda makan.
Adakah pencegahan atau pendeteksian dini kanker kelenjar getah bening??

Memang sebelum kita dinyatakan terkena kanker atau suatu penyakit, alangkah baiknya bila kita bisa mendeteksi dini penyakit tersebut. Untuk kanker ini, ada beberapa cara untuk melakukan pendeteksian, pencegahan, atau penyembuhan terhadap penyakit kanker ini :

  • Untuk NHL inti, perawatannya termasuk, kemoterapi, terapi antibody monklonal, terapi biologi, transplantasi tulang sum-sum, radiasi. Untuk mengambil terapi apa yang tepat, semuanya tergantung pada kondisi pasien dan 3 faktor berikut ini :
-          Size
-          Degree of malignancy
-          Stadium
  • Untuk Lymphoma Aggressive, perawatannya bisa dengan cara, kemoterapi, transplantasi sum-sum, atau rituximab + CHOP ( direkomendasikan oleh para peneliti Eropa )
Pembaca, penyakit kanker ini berkembang dengan cepat, segeralah untuk periksa ke dokter ahli bila terdapat tanda-tanda kanker ini, atau berkonsultasikanlah dengan dokter apabila anda ingin melakukan pencegahan ataupun penyembuhan kanker ini.

Jagalah pola hidup dan pola makan anda, menjadi lebih baik lagi, dan disarankan untuk berlahraga agar tubuh anda menjadi lebih sehat.

Btw, jangan lupa baca juga artikel yang terkait dengan penyakit kanker, berikut ini :

Terima Kasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar