Kamis, 01 Maret 2012

Gejala Kanker Tenggorokan



Gejala Kanker Tenggorokan- Apabila Tenggorokan Terkena Kanker

Kanker Tenggorokan
Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa tenggorokan adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting, tenggorokan juga merupakan saluran yang dimulai dari belakang hidung dan berakhir dileher. Lalu, apa sih kanker tenggorokan itu?? Dan apa gejala Kanker tenggorokan?? Oke2, Semua pertanyaan tsb ada semua disini, So, terus baca ya :)

 Kanker tenggorokan adalah  pertumbuhan sel-sel skuamosa yang tidak normal dan tidak terkendali sehingga menjadi tumor yang sangat berbahaya. Dalam kanker tenggorokan juga terdapat beberapa jenis, diantaranya :


  • Glottic cáncer, kanker ini  terjadi pada membran suara
  • Supraglottic cáncer, kanker ini terjadi di bagian atas larynx dan termasuk kanker yang menyerang epiglottis, di mana sebagian tulang rawan yang menahan makanan masuk ke tenggorokan.
  • Nasopharyngeal cancer , kanker ini terjadi pada nasofaring ,yaitu bagian tenggorokan yang terdapat di belakang telinga.
  • Hypopharyngeal cancer (laryngopharyngeal cancer), kanker ini dapat  terjadi pada hypopharynx (laryngopharynx), yaitu bagian bawah tenggorokan, sedikit di atas esophagus dan saluran angin.
  • Oropharyngeal cancer, kanker ini terjadi pada orofaring , yaitu yang terdapat pada bagian tenggorokan dibelakang mulut.
Apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya kanker ini ? ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kanker ini, seperti : virus HPV, merokok atau mengunyah tembakau, kurangnya kebersihan pada gigi, kurangnya buah dan sayuran, serta penggunaan alkohol secara berlebihan.

Gejala-gejala kanker tenggorokan 

Bila ada penyebab suatu penyakit, maka gejala-gejalanya pun akan diketahui, untuk kanker ini, ada beberapa gejala, seperti berikut :

  • Suara menjadi serak, gejala ini adalah gejala yang jelas dari penyakit kanker ini, dan gejala umum lainnya dapat dicirikan seperti suara tegang, nafas serak, dan lainnya.
  • Sinus, merupakan salah satu gejala dari penyakit kanker tenggorokan, segera periksakan ke dokter bila anda terkena sinus.
  • Kelumpuhan wajah, gejala ini adalah salah satu gejala kanker ini bila kanker sudah berkembang lebih jauh
  • Sakit tenggorokan, biasanya dicirikan adanya benjolan yang terdapat pada tenggorokan anda, jika hal itu terjadi, maka segeralah periksakan ke dokter.
Penyakit kanker ini dapat dicegah, bila kita menjaga pola hidup dan konsumsi makanan serta minuman yang lebih sehat,Selain itu, hindarilah merokok terlalu banyak, bahkan kalau bisa jangan merokok, meminum minuman beralkohol secara berlebihan, serta perbanyaklah berolahraga, dan meminum air putih sesuai dengan ukurannya.

Btw, jangan lupa baca juga artikel yang terkait dengan penyakit kanker, berikut ini :

Terima Kasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar