Sabtu, 25 Februari 2012

Gejala Kanker Pankreas

Apa sih kanker pankreas itu??


Gejala Kanker Pankreas
Apa sih gejala kanker pankreas itu?? Pankreas adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi sangat penting, organ ini berfungsi untuk mengatur tingkat gula darah dalam tubuh dan produksi enzim yang dibutuhkan. Tetapi, apa yang terjadi bila organ yang sangat penting ini terkena kanker??

Secara global, kanker pankreas ini menjadi kanker terganas dan pembunuh nomer empat didunia ( Serem ga tuh?? ) Kanker ini ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan tumor ganas  yang terdapat dalam kelenjar pankreas, dan menurut data yang ada, terdapat sekitar 70% dari kanker pankreas terjadi di kepala pankreas, dan sebagian besar dimulai pada saluran yang membawa enzim.


Apa penyebabnya??  Menurut Penelitian menunjukkan perokok dapat beresiko terkena kanker ini tiga kali lebih sering di bandingkan orang yang tidak merokok.  Lalu, apa gejalanya??  Pankreas juga sering disebut sebagai panyakit “yang diam”. Karena penyakit ini biasanya tidak menimbulkan gejala-gejala. 

Tetapi, jika tumor sudah menyumbat saluran empedu umum dan empedu tidak bisa masuk kedalam system pencernaan, maka yang terjadi adalah kulit serta bagian putih pada mata bisa menjadi kuning dan warna air seni berubah menjadi lebih gelap, biasanya para pakar kesehatan menamakannya penyakit kuning.

Dan, saat rasa nyeri akan sering muncul di punggung dan perut bagian atas jika kanker telah tumbuh dan berkembang, selain itu, kanker pancreas juga dapat menyebabkan  penurunan berat badan, rasa mual, kondisi tubuh melemah, dan  nafsu makan berkurang.

Cara Pencegahan/ Treatment pada Gejala Kanker Pankreas

Seberapa bahaya pun penyakit ini, tetap masih ada cara untuk mengobatinya, gejalanya dapat diredakan. Pengobatan kanker tergantung dari ukuran, jenis, luasnya tumor serta kondisi dan usia pasien secara umum. Alangkah baiknya bila penyakit ini dapat langsung diobati pada saat awal terjadinya.
Ada tiga cara pengobatan yang dapat dilakukan diantaranya :

  • Operasi, operasi dilakukan untuk mengangkat atau menghilangkam bagian pankreas yang sudah terkena kanker,, tetapi,, bila operasi ini dilakukan, maka pankreas tidak dapat mengatur kadar gula darah secara optimal, sehingga dapat menyebabkan diabetes.

  • Terapi radiasi, hal ini dilakukan untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan sinar yang berenergi tinggi
  • Kemoterapi
Sangat disarankan untuk terus berkonsultasi dengan para pakar kesehatan pankreas khususnya dan dengan para dokter spesialis yang mengerti akan penyakit ini. Selain itu, alangkah baiknya, sebelum kita terkena penyakit tersebut, kita selalu menjaga pola hidup dan pola makan yang lebih sehat
Sehingga, kesehatan tubuh dan tubuh bagian dalam kita tetap terjaga..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar