Minggu, 26 Februari 2012

Gejala Kanker Usus


 Apa itu Gejala Kanker Usus??

Gejala Kanker Usus
Apa sih kanker usus itu?? Dan apa gejala kanker usus ?? kanker usus atau bisa disebut juga kanker kolorektal, adalah pertumbuhan sel kanker yang terjadi di usus, anal, dan usus buntu. Di dunia barat, kanker ini adalah salah satu kanker yang umum dan menjadi penyebab  kematian terbesar kedua yang disebabkan oleh kanker.

Menurut penelitian, kanker usus besar menyebabkan sekitar 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Adakah gejala-gejala  kanker usus ini?? Dan apa penyebabnya?? Well, dalam kanker usus ini memang ada gejala-gejalanya, berikut  gejala kanker usus :


  • Adanya pendarahan pada rectum atau kram lambung dan adanya tekanan pada rektum
  • Mudah lelah, dalam bekerja nafas terasa sesak, dan sakit kepala
  • Terdapat darah pada tinja, seperti halnya yang terjadi pada penderita pendarahan wasir, polip usus atau lambung
  • Malnutrisi, adanya cairan di dalam rongga perut, pelebaran saluran limpa, serta pembesaran hati.
Dan penyebabnya adalah :
  • Pola hidup dan pola makan yang buruk, contohnya, terlalu banyak mengkonsumsi daging dan lemak yang tidak diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran segar, dan buah yang mengandung serat.
  • Meminum minuman beralkohol, khususnya bir, alkohol akan dirubah oleh usus menjadi asetilaldehida yang menyebabkan meningkatkan risiko terkena kanker kolon.
  • Sering memakan makanan yang digoreng, atau yang mengandung lemak jenuh dan asam lemak  omega 6 ( asam linol )
  • Lebih banyak duduk.
  • Obesitas
 Bagaimana cara mendeteksi gejala kanker usus??

Seperti penyakit kanker atau penyakit lainnya, anda dapat mendeteksinya lebih awal, sebelum anda terkena penyakit ini. Untuk mendeteksinya, dianjurkan kepada mereka yang telah berusia 50 tahun. Tetapi mereka yang mempunyai keluarga yang terkena penyakit kolon, ovarium, dan kanker paru, akan sangat baik mendeteksi dini sebelum berusia 50 tahun.

Untuk mendeteksinya anda dapat melalui pemeriksaan darah yang ada dalam tinja dan Kolonoskopi. Pendeteksian melalui kolonoskopi adalah pemeriksaan secara visual dengan endoskopi di kolon. Pemeriksanan dengan kolonoskopi dianjurkan  bagi mereka yang sudah berusia 50 tahun.

Pemeriksaan ini  relatif aman, tidak berbahaya, da tujuannya adalah untuk menemukan kanker kolorektal sekaligus mendapatkan jaringan untuk diperiksa ke Laboratorium patologi. Pemeriksaan ini menggunakan alat endoskopi fiberoptik, alat tersebut dapat melihat sepanjang usus besar, memotretnya sekaligus biopsi tumor bila ditemukan.

 Metode Pemeriksaan medis pada gejala kanker usus

Apa yang akan dilakukan bila melakukan pemeriksaan medis?? Berikut informasinya :
  • Fiberoptik kolonoskopi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya

  • Ct Scan, yaitu berupa pemeriksaan darah, menentukan Tumor Marker CEA (carcino-embryonis antigen ) dalah darah
  • Perawatan, yaitu berupa kemoterapi dan radiasi
  • Operasi, pemotongan usus besar yang sakit, dan menyambungkan kembali dua ujung bagian usus besar yang sehat
  • Laparskopi, dilakukan melalui lubang kecil yang dibuat di beberapa titik di perut. Operasi ini dilakukan dengan alat-alat kecil yang dioperasikan melalui lubang-lubang tersebut dan dipantau melalui layar monitor.
Hal-hal tersebut adalah beberapa gambaran mengenai kanker usus, dan bagaimana cara mengenali gejala kanker usus besar, dan lainnya, sebelum anda mencoba beberapa metode untuk melakukan pendeteksian dini,, atau apapun,, periksakanlah dan konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter spesialis kanker usus , dengan begitu anda dapat lebih mengerti.

Btw, jangan lupa baca juga artikel yang terkait dengan penyakit kanker, berikut ini :
Terima Kasih :D

1 komentar: